Test Footer

Selasa, 12 November 2013

Makanan Khas Indramayu

Makanan Khas Indramayu

 Assalamualaikum. Wr.Wb
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang makanan khas dari Indramayu. Ini dia beberapa diantaranya :


Blendung

Blendung terbuat dari jagung pipilan yang di kukus dan di atasnya di taburi dengan parutan kelapa.Makanan ini biasa di santap sebagai sarapan.Makanan ini memiliki rasa asin.

Blengep

Blengep terbuat dari singkong.Isian di dalamnya yaitu gula merah dan di atasnya biasanya terdapat taburan potongan kelapa yang sudah di goreng.

Bubur Gintir

Bubur Gintir terbuat dari tepung beras yang di bentuk bulat lalu di rebus dalam air yang sudah di beri gula merah.Pelengkapnya yaitu air santan sehingga rasanya manis dan gurih.Selain di Indramayu bubur jenis ini juga menjadi makanan khas daerah lain namun namanya berbeda.

Bubur Sura
Bubur Sura atau di beberapa daerah lain di sebut juga bubur Asyura,bubur beras berbumbu kunyit dengan campuran beberapa sayur dan buah seperti biji asem,buah delima,pepaya muda,bihun,irisan telur dadar,potongan kentang dll.Yang uniknya bubur ini memiliki wadah khusus yaitu wadah yang di buat dari daun pisang.Bubur ini hanya di buat pada bulan Asyura atau Sura,di desa saya hanya satu orang yang biasa membuat bubur ini,jika ingin menikmati bubur ini maka kami harus membelinya dengan beras.Itulah kebiasaan yang unik dari tradisi bubur Sura.Rasanya?Anda harus mencobanya sendiri....ekstrim tapi enak!!
burbacek

Burbacek kependekan dari Bubur Rumbah Cecek,bubur beras dengan toping rumbah (sejenis pecel khas Indramayu) dan cecek (kulit kerbau/sapi).Kalo yang ini hanya ada di Indramayu.Jika bubur Sura di rasa ekstrim maka Burbacek lebih ekstrem lagi menurut saya tapi tetep enak......

Cimplo

Cimplo adalah sejenis apem yang di masak dengan cara di dadar pada cetakan khusus berbentuk bulat.Cimplo hanya bisa di jumpai ketika bulan Bala yaitu setelah bulan Asyura.Cimplo di sajikan dengan air rebusan gula merah yang di campur parutan kelapa atau santan hingga mengental.Makanan ini memiliki filosofi sebagai penolak bala.

Dodol Lolos

dodol gula merah

Dodol merupakan makanan tradisional Indonesia yang terkenal di beberapa daerah termasuk di Indramayu.Lalu apa bedanya dodol Indramayu dengan dodol daerah lain?Dodol Indramayu memiliki 2 jenis yaitu dodol basah dan dodol biasa yang tahan lama.Dodol basah ini di sebut dodol Lolos dimana bedanya dodol ini memiliki toping ampas santan yang di rebus hingga menggumpal.Dodol lain pula hampir sama dengan dodol Betawi namun dodol Indramayu memiliki bahan tambahan seperti potongan kelapa sangrai.Kini dodol jenis ini malah mengalami perkembangan di mana gula yang di gunakan tak hanya gula merah tapi sudah menggunakan gula pasir sehingga warna dodolnya menjadi putih dan di tambahkan kacang tanah goreng sehingga rasanya lebih gurih.

geblog /gemblong singkong
Gemblong ketan putih
Gemblong atau sebagian masyarakat Indramayu lainnya menyebut Geblog pun sama dengan dodol,makanan ini ada juga di beberapa daerah di Jawa khususnya.Gemblong terbuat dari beras ketan yang di masak lalu di tumbuk hingga halus.Setalah halus lalu di santap dengan taburan kelapa parut.Gemblong bagi masyarakat di sini merupakan makanan yang harus ada ketika ada perayaan besar seperti pesta pernikahan,sunat dll.Selain Gemblong makanan wajib lainnya yaitu dodol,nagasari,wajik,koci/poci,rangginang danlepet.Sedangkan gemblong singkong biasa di jual oleh pedagang keliling dengan 2 jenis yaitu yang terbuat dari singkong murni dan jenis lainnya berwarna hitam,terbuat dari singkong dengan campuran pewarna hitam alami dari merang yang telah di tumbuk.

Koci/Poci

Ada sebagian yang menyebutnya Koci dan sebagian lainnya Poci namun di desa saya biasa di sebut Poci.Poci terbuat dari tepung ketan yang di uleni selama beberapa jam,butuh waktu cukup lama untuk membuat kue ini dan keterampilan khusus dalam membungkus kue poci ini.Ya lihat saja pada gambar di atas di mana kemasan poci begitu unik dan cantik.Di bungkus dengan daun pisang yang sudah di bentuk pola menyerupai rumah lalu di olesi minyak sayur.Isian poci ini bervariasi yaitu kelapa parut yang di masak bersama gula merah,kacang hijau yang di rebus bersama gula merah sampai menjadi selai atau kacang tanah yang di haluskan dengan gula merah.

dongkal


Dongkal,selain menjadi kue khas daerah Betawi tapi juga khas di Indramayu.Dongkal terbuat dari tepung beras yang di kukus dengan air gula merah.
Nagasari

Nagasari terkenal juga di daerah lain,terbuat dari tepung tapioka yang di bubur dengan santan dan gula pasir.Isianya yaitu potongan pisang.Di bungkus dengan daun pisang lalu di masak dengan cra di kukus.

Ongol-ongol

Ongol-ongol di buat dari tepung tapioka yang di kukus dalam wadah cetakan.Memiliki rasa manis dan di sajikan dengan parutan kelapa muda.

Pais/Pipis/Lupis


Pais/pipis/lupis


Banyak nama untuk makanan jenis ini namun di desa saya lebih di kenal dengan sebutan Pais.Tarbuat dari singkong yang di parut lalu di bungkus dengan daun pisang dengan isian gula merah,setelah itu kukus beberapa menit saja.

Wajik Ketan

Wajik kelapa

Wajik ketan dan wajik kelapa memiliki cara pembuatan yang sama.Yang membuat makanan ini unik adalah kemasanya yang cantik yaitu di bungkus dengan kertas minyak berwarna-warni.

Rumbah


Ini dia makanan favorit saya.Rumbah atau di daerah lain di sebut juga pecel.Di buat dari sayur-sayuran yang di rebus lalu di makan dengan sambal.Sambal rumbah memiliki ciri khas tersendiri yaitu bercita rasa terasi karena menggunakan terasi pada sambalnya.Selain itu sambal di sini rasanya lebih pedas jika di bandingkan dengan daerah lain.Maklum daerah pesisir jadi identik dengan yang pedas-pedas.

Pedesan Entog


Entog
Pedesan entog adalah makanan berkuah khas Indramayu.Bahan utamanya yaitu entog,sejenis bebek namun memiliki daging lebih tebal.Di masak dengan bumbu kuning dengan tambahan cabe rawit yang agak banyak sehingga rasanya pedas atau orang Indramayu bilang pedes.


Sayur Gombyang

Sayur gombyang atau dalam bahasa Indramayu Jangan Gombyang.Bahan utamanya yaitu ikan air tawar di masak dengan bumbu kuning.

Tike


Rumput tike

Umbi rumput tike adalah bahan dasar keripik tike.Rumput ini biasa tumbuh liar di pinggir perairan.Tike adalah makanan khas Indramayu dengan rasa gurih dan unik.
Blencong

 Blencong terbuat dari beras ketan yang di kukus dengan campuran kacang merah atau biji kacang panjang lalu dengan bungkus daun pisang berbentuk segitiga.Dongkal di santap dengan kelapa parut dan biasa di jadikan sarapan bagi sebagian besar orang Indramayu.
Docang

 Docang adalah makanan berisi lontong dengan kuah bersantan.Biasanya menu ini bisa di jumpai pagi hari sebagai sarapan sebagian masyarakat Indramayu.
Gatot
Gatot juga populer di daerah yogyakarta.Gatot terbuat dari singkong yang telah sedikit membusuk dengan campuran gula dan kelapa parut.
jalabiya
Jalabiya terbuat dari tepung ketan yang di uleni lalu di goreng setelah itu di celupkan ke dalam air gula.Bentuknya mirip seperti donat.
jongkong
Jongkong terbuat dari parutan kelapa yang di campur gula lalu di bungkus daun pisang dengan cara masak di kukus.Biasanya kelapa parut yang di gunakan adalah kelapa paut yang telah di peras sarinya atau santannya,karena sayang jika di buang maka di buatlah kue jongkong.Gambar di atas merupakan jongkong yang sudah di modifikasi.
Ragit
Ragit merupakan menu unik lainnya dari Indramayu.Berisi mi kuning dengan telur dadar dan kuah santan berbahan udang.
Ampo
 Ampo adalah camilan yang terbuat dari tanah liat yang di bakar berbentuk pipa.Selain Indramayu Ampo juga populer di daerah lain di jawa.
Krawu
Krawu terbuat dari singkong yang di kukus dan di santap dengan parutan kelapa.
lara gudig
Lara gudig mirip seperti dodol dengan tekstur lebih kasar dan bercita rasa manis.
sagon serbuk
Sagon yang di kenal di Indramayu mayoritas adalah berbentuk serbuk.Terbuat dari tepung beras ketan yang di sangrai dengan parutan kelapa dan gula pasir.Rasanya manis dan gurih.

lepet

Lepet terkenal juga di Kuningan dan sebagai makanan khas daerah Kuningan,namun bagi masyarakat Indramayu lepet tak bisa di pisahkan dari tradisi daerah tersebut di mana makanan ini masuk ke dalam menu wajib ketika perayaan acara penting seperti pesta pernikahan,syukuran dll.Lepet terbuat dari beras ketan di campur biji kacang panjang dengan citarasa gurih.Dengan bungkus daun pisang lalu di ikat dengan tali yang berasal dari batang padi yang sudah tua.Di Kuningan lepet di bungkus dengan daun kelapa dan berbentuk segitiga manakala di Indramayu berbentuk lonjong.
Bubur merah putih

Bubur merah putih terbuat dari beras.Untuk yang berwarna merah akan di campurkan gula merah ketika proses memasaknya manakala yang berwarna putih cukup di campurkan santan saja.Bubur ini tidak akan di jumpai setiap saat karena hanya di buat waktu tertentu saja seperti ucapan syukur setelah mendapat hasil panen yang melimpah.

Ketan merah


 Untuk sebagian besar masyarakat Indramayu nasi ketan yang di campur gula merah ini biasa di buat ketika membangun rumah sebagai kue untuk para tukang bangunan.
Klepon

Klepon erat hubungannya dengan tradisi daerah Indramayu di mana menu ini akan ada ketika menjelang musim panen tiba ataupun ketika sedang membangun rumah.
Rumbah mie
Rumbah mie adalah jajanan khas Indramayu yg berbahan dasar mie kuning dengan campuran sayur dan sambal kencur yg pedas.Makanan ini biasanya di jual oleh pedagang keliling.

Limpung
    Limpung terbuat dari tepung tapioka yang di campur apu dan sari air pandan atau pewarna hijau  lalu di kukus dalam wadah.Limpung yg telah matang lalu di potong2 kemudian di sajikan dengan kelapa parut.Terima kasih buat ibuku yg udah bawain kue ini sehingga aku jadi tahu kalau masih ada yg bikin kue seperti ini soalnya jujur kue ini udah jarang banget di temui.

Cipas

Cipas biasanya di buat ketika ada perayaan besar saja seperti pernikahan dll.Kenapa? Itu karena cipas adalah kue yang terbuat dari ampas kelapa parut yang telah di peras santannya kemudian di campur tepung tapioka dan gula pasir.Cara memasaknya dengan di kukus.Ketika ada perayaan besar dan menu lauknya adalah gulai atau kari atau menu khas lain yang notabenya menggunakan santan maka banyak ampas kelapa parut yang terbuang,nah sayang kan jika di buang?dari situlah ide makanan ini tercipta.
Selain itu ada juga makanan lain yang tak kalah enaknya seperti Bango dolog,Ketebon,Kemi dll. yang hingga saat ini saya belum punya gambarnya namun makanan tersebut masih di konsumsi oleh masyarakat Indramayu.


 Jika ada kekurangan saya minta ma'af, semoga informasi ini dapat ber manfaat.

2 komentar

Riri Due Cerita 23 Desember 2013 pukul 00.27

hhhmmm kok mirip sama artikel di blog saya ya,btw nice info...

Unknown 6 November 2017 pukul 05.33

jadi pen mudik...pen mangan mangan rumbah

Posting Komentar